Monday, August 28, 2017

Ini 6 Keunggulan Android O yang Wajib Kamu Tahu


Beberapa hari lalu secara resmi Google meluncurkan sistem operasi terbarunya ke dunia yang bernama Android 8.0 Oreo. Penamaan ini sendiri telah melalui tahap panjang dan akhirnya Oreo yang terpilih berdasarkan urutan abjad Android saat ini yang jatuh pada huruf O.

Baca Juga : Nama Resmi android O , Bukan Oreo ?

Berdasarkan informasi yang dilansir dari blog.google.com (21/08/2017), Google telah menghadirkan beberapa fitur baru pada Android 8.0 Oreo yang belum ada di Android generasi lainnya. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan fitur-fitur tersebut maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

1. Shortcut Instan

Fitur yang satu ini cukup unik karena memungkinkan pengguna Android 8.0 Oreo dapat langsung mendapatkan shortcut secara cepat dan instan ketika mengakses smartphone.

Misalnya pengguna smartphone memilih alamat maka secara otomatis GMaps akan muncul dan dapat dipilih untuk langsung menunjukan peta lokasi. Selain itu, masih banyak lagi yang bisa dihadirkan dalam fitur ini.

2. Notification Dots

Sebenarnya fitur ini mirip dengan yang dimiliki iOS, dimana nantinya pengguna Android 8.0 Oreo akan mendapatkan tanda titik pada aplikasi di smartphone dan secara otomatis akan tombol kotak dialog notifikasi di aplikasi tersebut sehingga membuat penggunanya dapat mengetahui sesuatu yang baru pada aplikasi tersebut.

3. Android Instant App

Android Instant App bisa dibilang cukup unik karena membuat aplikasi dapat digunakan tanpa harus diunduh dan diinstal dari Google Play Store. Selain cepat, hal ini memudahkan penggunanya apabila hanya ingin mencoba saja aplikasi tersebut.

4. Picture-in-Picture

Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus, dimana satu aplikasi akan melayang berada di atas aplikasi lainnya.

Untuk saat ini fitur tersebut baru akan berfungsi ketika pengguna Android 8.0 Oreo menjalankan video dan kemudian membuka aplikasi lain. Video akan mengecil otomatis dan berada di bagian atas aplikasi lain yang dibuka.

5. Autofill

Fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya dapat langsung mengisi username dan password ketika login dalam aplikasi yang akan digunakan sehingga memudahkan penggunanya untuk cepat masuk tanpa perlu harus mengetik lagi. Untuk mengaktifkan fitur ini biasanya Android 8.0 Oreo akan meminta izin terlebih dahulu.

6. Google Play Protect

Fitur yang satu ini memang langsung tertanam dalam Android 8.0 Oreo yang memungkinkan penggunanya dapat mengontrol smartphone berhati-hati terhadap aplikasi yang diinstal dan akan diberikan peringatan apabila aplikasi dianggap berbahaya.

Menurut analisis saya, Google berusaha menghadirkan fitur yang canggih dan keamanan yang tinggi pada Android 8.0 Oreo untuk memanjakan pengguna smartphone sehingga pengguna smartphone Android pun bisa menjadi lebih banyak lagi.

Baca Juga : Daftar Smartphone yang akan mendapat update android O


EmoticonEmoticon