Monday, August 28, 2017

Aplikasi untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Smartphone



Aplikasi untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Smartphone


Keberadaan smartphone saat ini memang tidak bisa dipisahkan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Selain dibutuhkan sebagai sebuah sarana untuk menghibur diri, smartphone juga berperan untuk mendukung aktivitas dalam bekerja.

Namun, tanpa disadari kehadiran smartphone semakin hari ini telah digunakan secara berlebihan. Padahal, penggunaan smartphone yang berlebihan juga bukan menjadi suatu hal yang baik untuk dilakukan.
Namun, ternyata beberapa aplikasi telah menyediakan cara untuk mengurangi ketergantungan akan smartphone. Apa saja aplikasinya? Berikut Jurnal Apps jelaskan:

1. Forest

Aplikasi pertama yang layak dicoba untuk mengurangi kecanduan smartphone adalah Forest. Aplikasi ini bekerja layaknya permainan, dimana kita akan menjumpai sebuah pohon yang tumbuh apabila kita tidak menggunakan smartphone untuk beraktivitas.
Apabila smartphone tidak digunakan, maka pohon tersebut lama-lama akan bertumbuh menjadi hutan yang besar.

2. Checky

Aplikasi kedua yang dianggap bisa membantu perilaku kecanduan akan smartphone adalah Checky. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memberikan informasi mengenai secara akurat berapa kali kita membuka smartphone dalam satu hari. Dengan informasi tersebut, kita bisa memantau dan mengurangi penggunaan smartphone.

3. RescueTime

Jika dengan memantau tidak bisa mengurangi perilaku kecanduan yang kita rasakan, aplikasi ini mungkin bisa membantu mengurangi perilaku kecanduan. Dinamakan Rescue Time, aplikasi ini sebenarnya mirip dengan Checky. Yang membedakan, aplikasi ini dapat memberikan seluruh informasi mengenai apa saja yang kita lakukan bersama dengan smartphone yang digunakan, mulai dari aplikasi apa saja yang paling sering dibuka, lama menelepon hingga durasi penggunaan internet.

4. Cold Turkey

Memantau? Gagal. Memberikan peringatan? Tidak bisa. Lalu bagaimana cara mengurangi kecanduan smartphone ini? Tenang saja, masih ada aplikasi yang juga dianggap ampuh untuk mengurangi penggunaan smartphone. Bahkan aplikasi ini dianggap sangat cocok bagi kalian yang sangat ingin melepaskan diri dari kecanduan smartphone.
Aplikasi ini dinamakan Cold Turkey. 

Kita cukup hanya perlu mengatur berapa lama waktu yang diinginkan untuk membekukan smartphone. Wsaktu maksimal adalah satu jam. Jika pengaturan telah disiapkan, maka kita sudah tidak bisa menggunakan smartphone dalam waktu yang telah ditentukan!

Baca Juga 5 Aplikasi Penghasil Uang Yang Harus Di instal


EmoticonEmoticon