Sunday, January 7, 2018

Contoh Soal Dan Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 (XI) Semester 2 Terbaru

Seperti yang kita tahu, ujian adalah merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Dalam hal di sekolah atau pelaksanaan ujian akhir semester/ penilaian akhir semester satu/ ganjil, ujian berfungsi sebagai salah satu alat untuk mengukur sudah sejauh mana para peserta didik berhasil menyerap pelajaran selama satu semester.



Ujian juga bisa dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh selama satu semester yang sudah dijalani.

Untuk pelaksanaan UAS/ PAS baik semester 1 maupun semester 2, umumnya masih menggunakan media kertas dalam pelaksanaannya, baik model soal maupun media jawabnya. Untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, telah mulai dilaksanakan ujian yang berbasis UNBK atau komputer. Pelan-pelan UNKP/ berbasis kertas dan pensil akan tergeser dengan sistem UNBK tersebut.

Berikut Ini adalah contoh soal beserta jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 (XI) Semester 2 Terbaru



1. Sistem tanam paksa di Indonesia yang diperkenalkan oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch membuat rakyat Indonesia.....
a. mengenal berbagai macam tanaman baru
b. hidup bahagia dari tanamannya yang melimpah
c. menderita dan miskin akibat tanam paksa
d. mendapat perhatian dari pemerintah Belanda
e. muncul dan berkembangnya politik asosiasi
Jawaban: c

2. Terjadinya mobilitas sosial masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan kolonial Belanda disebabkan oleh berkembangnya..
a. upaya peningkatan kesejahteraan rakyat
b. perkebunan-perkebunan besar membutuhkan tenaga kerja
c. urbanisasi masyarakat dari desa ke kota
d. keinginan rakyat untuk mencari daerah-daerah baru
e. usaha perdagangan rakyat dari satu daerah ke daerah lainnya.
Jawaban: b


3. Landrent System untuk pertama kalinya muncul di Indonesia pada zaman penjajahan....
a. Belanda
b. Inggris
c. Spanyol
d. Portugis
e. VOC
Jawaban: b

4. Pemerintah Hindia Belanda sejak tahun 1830 menyelenggarakan sistem tanam paksa, karena....
a. Sistem ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengisi kas pemerintahan Belanda yang digunakan untuk membangun, membayar utang, serta menyehatkan keuangan Negeri Belanda
b. Usaha inilah yang dianggap dapat mengatasi krisi keuangan negeri jajahan 
c. Sistem ini merupakan salah satu ketentuan dalam Kongres Wina
d. sistem ini telah dijalankan oleh raja-raja Jawa sebelum kedatangan Belanda
e. hanya cara inilah yang dapat dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk mendapatkan penghasilan pemerintah
Jawaban: a

5. Pada tahun 1870, pemerintah kolonial Hindia Belanda menghapuskan sistem tanam paksa. Penyebab utamanya adalah...
a. atas persetujuan Pemerintah Hindia Belanda dan raja-raja lokal di Indonesia
b. Pemerintah Hindia Belanda tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari Sistem Tanam Paksa
c. atas desakan dari golongan liberal dan pemilik modal swasta yang hendak ikut menanamkan modalnya di Indonesia
d. harga tanaman yang dihasilkan melalui sistem tanam paksa menjadi merosot
e. pemerintahan Hindia Belanda tidak sampai hati melihat penderitaan rakyat sebagai akibat berlakunya Sistem Tanam Paksa
Jawaban: c

6. Cultuurstelsel muncul adalah sebagai akibat dari....
a. hancurnya VOC
b. Perang Diponegoro
c. kalahnya Belanda
d. kosongnya kas Negeri Belanda
e. adanya Perang Padri
Jawaban: d

7. Perhatikan data-data di bawah ini!
1) Cina
2) India
3) Arab
4) Turki
5) Belanda
6) Portugis

Dari data-data di atas, yang termasuk golongan Timur Asing dalam masyarakat kolonial di Indonesia adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 4, 5, dan 6
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 4, dan 6
e. 3, 4, dan 5
Jawaban: a

8. Terjadinya migrasi penduduk di Indonesia ke pusat-pusat perkebunan dan pusat-pusat industri terjadi pada masa....
a. awal penjajahan bangsa Barat di Indonesia
b. berdirinya kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam
c. masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia
d. berlakunya politik liberalisme tahun 1870 di Indonesia
e. pelaksanaan politik etis
Jawaban: d

9. Terjadinya migrasi penduduk di Indonesia pada abad ke-16 sampai ke 19 membawa akibat sebagai berikut, kecuali....
a. terjadi pembauran penduduk
b. penduduk di daerah tujuan migrasi menjadi homogen
c. mempercepat proses integrasi bangsa Indonesia
d. kehidupan masyarakat menjadi lebih dinamis
e. menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
Jawaban: b

10. Undang-undang yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1870 yang membolehkan pemilik modal swasata asing menyewa tanah pribumi adalah....
a. undang-undang perkebunan
b. undang-undang agraria
c. undang-undang perburuhan
d. undang-undang permodalan
e. undang-undang perdagangan
Jawaban: b

11. Undang-undang yang mengatur para pekerja Indonesia yang bekerja di perkebunan swasta milik Belanda adalah....
a. Agrarische Wet
b. Suiker Wet
c. Poenale Sanctie
d. Toezlicht Ordonantie
e. Indische Staats Regeling
Jawaban: c

12. Poenale Sanctie memuat ketentuan tentang...
a. persyaratan hubungan kuli kontrak
b. menanam hukuman yang berhubungan dengan kemungkinan penyalahgunaan kekuasaan
c. ancaman hukuman terhadap para pekerja yang memutuskan perjanjian kerja tanpa seizin penguasa
d. peraturan yang melindungi para pekerja dari tindakan sewenang-wenang para majikannya
e. ancaman terhadap majikan bertindak sewenang-wenang
Jawaban: c

13. Berdirinya perkebunan-perkebunan besar, seperti perkebunan tembakau di daerah Deli merupakan pelaksanaan politik...
a. divide et impera
b. pintu terbuka
c. bumi hangus
d. apartheid
e. tanam modal
Jawaban: b

14. Tanam paksa (cultuurstelsel) yang banyak mendatangkan kesengsaraan bagi bangsa Indonesia, diciptakan oleh...
a. van den Bosch
b. van der Cappelen
c. Daendels
d. Raffles
e. J.P. Coen
Jawaban: a

15. Tugas Daendels yang utama di Indonesia adalah....
a. menggali sumber pajak yang besar dari tanah jajahan
b. mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris
c. mengembangkan sistem pertanian yang baik di Pulau Jawa
d. membentuk tentara yang beranggotakan bangsa Indonesia
e. membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan
Jawaban: b

16. Lahirnya nasionalisme karena persamaan perangai dan tingkah laku dlaam memperjuangkan persatuan dan nasib yang sama adalah pendapat dari....
a. Joseph Ernest Renan
b. Otto Bauer
c. Hans Kohn
d. Louis Snyder
e. Aristoteles
Jawaban: b

17. Menurut pendapat Otto Bauer, dasar nasionalisme adalah...
a. politik
b. ekonomi
c. satu cita-cita
d. perasaaan senasib
e. satu budaya bangsa
Jawaban: d

18. Liberalisme di Eropa menimbulkan kapitalisme, imprealisme, dan kolonialisme, akan tetapi di pihak lain menimbulkan...
a. nasionalisme
b. komunisme
c. militerisme
d. sosialisme
e. fasisme
Jawaban: a

19. Di antara tokoh-tokoh berikut ini yang menganjurkan liberasime ekonomi adalah...
a. Machiavelli
b. Voltaire
c. Thomas Hobbes
d. Ernest Renan
e. Adam Smith
Jawaban: e

20. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Masuk dan berkembangnya paham-paham baru
2) Munculnya kaum intelektual
3) Kenangan kejayaan masa lampau
4) Penderitaan rakyat akibat imperialisme
5) Kemenangan Jepang atas Rusia
Dari pernyataan di atas, yang merupakan faktor intern yang melatarbelakangi lahirnya nasionalisme Indonesia adalah nomor....
a.  2, 3, dan 4
b. 3, 5 dan 1
c. 4, 1, dan 3
d. 5, 2, dan 4
e. 5, 3, dan 2
Jawaban: a

21. Menurut Hans Kohn, yang dimaksud dengan nasionalisme adalah....
a. paham yang menghendaki adanya jaminan kebebasan individu
b. wujud persamaan perangai yang muncul akibat imperialisme
c. wujud kesetiaan tertinggi individu yang diserahkan  pada negara  dan bangsa
d. adanya kehendak bersatu dari sekelompok masyarakat
e. wujud persatuaan dan persamaan nasib
Jawaban: c

22. Nasionalisme dapat dipandang sebagai suatu paham kebangsaan yang diwujudkan dalam...
a. kesetiaan kepada diri sendiri
b. kesetiaan kepada orang lain
c. kesetiaan kepada suku sendiri
d. kesetiaan kepada daerah sendiri
e. kesetiaan rakyat kepada negara
Jawaban: e

23. Paham sosialisme adalah...
a. paham yang menghendaki ada jaminan kebebasan individu
b. paham yang menghendaki agar masyarakat  disusun secara kolektif
c. wujud kesetiaan tertinggi individu kepada bangsa dan negara
d. paham yang menghendaki adanya kebebeasan dalam berusaha
e. paham yang menghendaki pemerintahan yang moderat dan demokratis
Jawaban: b

24. Kaum liberalis mempunyai anggapan bahwa...
a. perekonomian harus dikuasai oleh pedagang
b. pemerintah harus menjadi partner dalam perekonomian
c. pemerintah harus dominan dalam mengatur perekonomian
d. pemerintah harus mengawasi perekonomian
e. pemerintah semestinya tidak campur tangan dalam urusan ekonomi
Jawaban: e

25. Berikut ini adalah tokoh-tokoh penganjur liberalisme ekonomi, kecuali....
a. John Maynard Kenes
b. Malthus
c. Ernest Renan
d. David Ricardo
e. Adam Smith
Jawaban: c

26. Nasionalisme adalah hasil perpaduan faktor politik, ekonomi, sosial, dan intelektual dalam suatu taraf sejarah, merupakan pendapat dari...
a. Ariel Heryanto
b. Hans Kohn
c. Otto Bauer
d. Lous Snyder
e. Sun Yat Sen
Jawaban: d

27. Nasionalimse menuntut kesetiaan individu yang tertinggi, yang diserahkan kepada bangsa dan negaranya adalah pendapat dari...
a. Sun Yat Sen
b. Otto Bauer
c. Lous Snyder
d. Hans Kohn
e. Ariel Heryanto
Jawaban: d

28. Dalam bidang politik, liberalisme tampak dalam pelaksanaan...
a. absolutisme pemerintah
b. sistem oligarki
c. sistem perdagangan bebas
d. demokrasi liberal
e. monoteisme agama
Jawaban: d

29. Ernest Renan berpendapat bahwa hasrat kebangsaan itu timbul karena adanya keinginan untuk hidup bersama dengan suatu perasaan setia kawan yang agung. Hal ini tampak pada...
a. perang kemerdekaan Amerika melawan Inggris
b. Revolusi Prancis tahun 1789
c. Revolusi Industri di Inggris tahun 1750-1850
d. perang antara Belanda dengan Spanyol
e. perang kemerdekaan Yunani melawan Turki
Jawaban: b

30. Paham ultranasionalisme adalah...
a. paham yang menginginkan suatu negara demokrasi
b. paham yang menentang imperialisme
c. paham nasionalisme yang lemah
d. paham nasionalisme yang angkuh dan ekstrem
e. paham yang menjunjung tinggi pemerintahan demokrasi
Jawaban: d


EmoticonEmoticon