Sunday, January 7, 2018

Benarkah Salmon Mentah Lebih Sehat Daripada Salmon Matang? Mitos Atau Fakta? Simak Ulasannya

Salmon memang banyak diminati, khususnya bagi mereka yang ingin hidup sehat. Kandungan dalam ikan salmon dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dan segudang manfaat kesehatan lainnya. Itu sebabnya, sekarang sudah makin banyak varian masakan favorit yang menggunakan salmon. Enak dan juga sehat, sih.


Tapi ada perdebatan tentang bagaimana cara terbaik memakan salmon. Katanya, salmon mentah lebih sehat daripada yang sudah dimasak. Apakah benar?

Salmon Mentah VS Salmon Matang

Salmon yang mentah dan sudah matang memang memiliki kandungan yang berbeda. Salmon yang masih mentah mengandung enzim yang bisa menghancurkan tiamin, yaitu jenis dari vitamin B yang penting untuk meningkatkan energi dan sistem saraf. Salmon mentah yang belum terkena campuran bahan pengawet apapun juga diduga masih mengandung bakteri yang menempel pada daging dan kulit ikan. Jadi, jika masuk ke dalam tubuh, dikhawatirkan akan berbahaya dan menjadi penyakit.

Sementara itu, salmon yang sudah dimasak dengan api kecil diyakini lebih aman. Panas dari api bisa mematikan enzim dan mengembalikan fungsi dari tiamin untuk tubuh. Panas juga tidak akan merusak vitamin B, omega 3, dan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Proses memasak juga bisa membunuh parasit dan bakteri yang menempel sehingga lebih aman.

Jadi sepertinya akan lebih aman untuk mengkonsumsi salmon yang sudah dimasak. Namun perlu diperhatikan saat memasak salmon, jangan sampai salmon menjadi terlalu matang dan kering. Ada juga yang tidak menyukai kulit salmon karena dianggap terlalu amis. Padahal, kandungan omega 3 dalam kulit salmon termasuk tinggi. Jadi, pastikan selalu memasak salmon dengan kulitnya, ya. Kalau tidak mau dimakan, tinggal singkirkan saja sesaat sebelum dimakan.
Kalau Anda penikmat sashimi, pastikan juga salmon yang digunakan bersih dan berasal dari tangan ahlinya. Jangan ragu untuk bertanya dan jangan lupa untuk mencoba aneka resep salmon yang ada di Sajian Sedap. Semoga bermanfaat! (MA/Berbagai sumber)


EmoticonEmoticon