Tuesday, August 22, 2017

Nama Resmi Android 8.0 , Bukan Oreo ?


Seperti yang awalnya dirumorkan jauh-jauh hari, versi terbaru sistem operasi Android O akan dinamakan cemilan populer yang berawalan huruf “O” yakni Oreo. Namun beberapa hari yang lalu, beberapa rumor menyebutkan bahwa Google tidak akan merilis Android 8.0 dengan sebutan Oreo , melainkan dengan nama Orellete yang merupakan pastry terkenal dari Catalan. Jelas, publik jadi bingung dan terkecoh. 

Namun akhirnya rasa penasaran dan tanda tanya besar itu terjawab sudah. Karena kemarin (21/8) pas waktu gerhana, Google akhirnya mengungkap moniker iterasi berikutnya dari Android. Dikenal hanya sebagai "O" selama beberapa bulan terakhir sementara beberapa Pratinjau Pengembang dan beta publik sudah dirilis, sekarang secara resmi memiliki nama lengkap yang disebut sebagai : “Android 8.0 Oreo”! Ya, Oreo si biskuit hitam legit yang populer itu.

Jadi iya, nama yang paling banyak dikabarkan sebenarnya ternyata adalah apa yang Google pilih untuk di sebut dalam penamaan versi Android terbarunya. Ini adalah yang kedua kalinya dalam sejarah Android ketika ada kemitraan komersial yang terlibat. Jika Anda ingat untuk versi 4.4 KitKat Google bekerja sama dengan Nestle (yang memiliki merek KitKat), dan kali ini Google bekerjasama dengan Mondelez di dalam co-branding Android Oreo.

Kode Android 8.0 Oreo diunggah oleh insinyur Google ke Android Open Source Project hari ini (waktu setempat) sementara pembaruan perangkat lunak untuk perangkat Google Nexus dan Pixel yang didukung akan tiba ke publik dalam waktu dekat. Tentu saja, final build akan dikirim ke perangkat yang terdaftar dalam Program Beta Android menyusul kemudian.
Google juga membocorkan informasi bahwa pada akhir tahun nanti, perangkat terbaru besutan Essential, General Mobile, HMD Global, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony akan diluncurkan dengan sistem operasi Android Oreo.

Versi terbaru Android ini dilengkapi dengan dukungan picture-in-picture, notifications dots, emoji yang didesain ulang sepenuhnya (termasuk lebih dari 60 emoji yang baru), Google Play Protect built-in, membatasi penggunaan baterai berlebihan oleh pengunaan aplikasi, kecepatan booting yang lebih cepat, sistem autofill yang menyeluruh, dan dukungan untuk Android Instant Apps.


Sudah sejak lama kalau Android penerus Nougat yang berseri Android 8.0 nanti akan bernama Oreo. Dalam hitungan jam saja, Android baru ini akan diluncurkan oleh Google.
Namun soal penamaan, ternyata dirumorkan Google tak akan menamainya Oreo. Dilansir dari Phone Arena, seorang customer support manager dari Nova Launcher mengklaim bahwa nama Android terbaru Google adalah Orellete.
Orellete sendiri adalah pastry yang jadi makanan khas Catalan, Spanyol.

Uniknya, penamaan ini bertentangan dengan berbagai rumor kuat yang muncul belakangan. Bahkan teaser dari Google sendiri menyebut bahwa sebuah file name berjudul GoogleOreo_Teaser_0817_noDroids (1).mp4 muncul di G+ dan memberi bocoran soal nama tersebut.Rencananya, Android 8.0 Orellete akan dirilis 21 Agustus ini, dan besok pagi tentu kita sudah mengetahui kebenaran rumor soal nama ini.

#Android
#AndroidOreo
#AndroidO
#SmartPhone
#HandPhone

11 komentar

jadi namainnya nggak asal2 an ya sob.

namanya berdasarkan makanan manis kayanya :D

wahh itu make nama brand tertentu bayar ga yah android..hehehe..

Salam Inspirasi,
Sesuap nasi

Google mah gitu orangnya 😂

Onde onde belum terkenal gan 😂

lapar jadinya perut :v


EmoticonEmoticon